Bisnis Online Bayar Pajak sama seperti usaha-usaha lain yang tidak berhubungan dengan situs online dan internet. Bisnis online sendiri sebenarnya merupakan kategori usaha baru yang pengaturannya masih belum jelas dalam undang-udang. Hal ini juga berlaku pada kasus status pajak yang harus ditanggung oleh pelaku bisnis online. Apakah pelaku bisnis online perlu membayar pajak? Sebelum tahun 2014, pertanyaan ini masih sangat sulit untuk dijawab. Beberapa perdebatan menjadikan jawaban apakah pelaku bisnis online perlu membayar pajak menjadi suatu hal yang rumit untuk dijelaskan. Namun setelah tahun 2014, pemerintah telah memperjelas perkara soal pembayaran pajak bagi pelaku usaha online. Saat ini telah jelas, bahwa pelaku usaha online juga dikenakan pajak sama seperti pekerjaan atau usaha biasa. Lantas pajak apa saja yang dimungkinkan dikenakan untuk pelaku usaha online? Berikut kami sajikan untuk anda.

Baca Juga :  Cara Dan Tips Infaction Game

Bisnis online bayar pajak hampir sama dengan usaha-usaha pada umumnya yang tidak menggunakan fasilitas online. Yang dikenakan untuk pelaku usaha online dalam hal pajak adalah pajak pertambahan nilai dan pajak penghasilan. Pajak pertambahan nilai dikenakan untuk barang-barang jualan yang dijual oleh pelaku usaha online. Sedangkan pajak penghasilan dikenakan untuk penghasilan murni (bukan penghasilan kotor) yang dihasilkan dari bisnis online. Untuk pajak pertambahan nilai sendiri, biasanya dikenakan pada suplaier dan produsen. Para pelaku usaha tidak perlu khawatir bagaimana cara membayarkan pajak tersebut, karena ketika mereka menyetok barang, harga yang mereka bayarkan kepada distributor biasanya sudah memasukkan rincian untuk pajak pertambahan nilai (Ppn). Sedangkan pajak penghasilan bagi pelaku usaha online, penerapannya sama seperti pengusaha wiraswasta tradisional. Pelaku usaha perlu melaporkan pendapatan murni dari usaha online mereka yang akan dicatatkan di kantor pajak. Penghasilan yang didapat dari iklan (ads) dan online market juga dimasukkan dalam pajak ini.

Baca Juga :  Bisnis Online Buat Mahasiswa Dengan Budget Terjangkau

Untuk lebih jelas mengenai bisnis online bayar pajak anda dapat membaca aturan resminya yang tercantum dalam pasal-pasal yang telah diterbitkan. Yang menjadi inti adalah bahwa pelaku usaha online juga dikenai pajak dari negara. Oleh karenanya, sebagai warga negara yang baik hendaklah kita membayarkan pajak kepada negara agar dapat digunakan untuk membangun bangsa ini menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.